Studi & Publikasi

sekolahalamdigital.org

Kewirausahaan


Kami siap melayani anda dalam jasa foto, video, desain grafis dan percetakan serta pembuatan buku. Hubungi kami di Telp/sms/WA:

0812-8523-6156

0813-1072-2645

Follow Us


Pengunjung

 free web counter Counter Powered by RedCounter

ESD/PPB

ESD dalam perspektif PNFI. Pengembangan berkelanjutan (sustainable development) adalah sebuah perubahan, perkembangan atau pengembangan meliputi kehidupan sosial, budaya, ekonomi dan lingkungan secara simultan, berkesinambungan sehingga menghasilkan kondisi tentram, aman, nyaman baik di masa sekarang maupun yang akan datang.
Pendidikan PPB mempromosikan nilai-nilai. Bisakah pendidikan dipertimbangkan sebagai bagian integral dari strategi pembangunan berkelanjutan, dan jika demikian, mengapa begitu?

Konsep Kewirausahaan dan pendidikan kewirausahaan di sekolah. Seseorang yang memiliki karakter wirausaha selalu tidak puas dengan apa yang telah dicapainya. Wirausaha adalah orang yang terampil memanfaatkan peluang dalam mengembangkan usahanya dengan tujuan untuk meningkatkan kehidupannya.
Kajian keterkaitan PPB dengan pendidikan teknologi dasar. Kajian keterkaitan PPB dengan pendidikan teknologi dasar. Sangat menarik untuk melakukan kajian keterkaitan antara pendidikan pembangunaan berkelanjutan dengan pendidikan teknologi dasar. Saya melihat ada satu sinergisitas dari kedua program ini yang memberikan pemahaman secara utuh bagi generasi muda yang merupakan pemimpin bangsa di masa depan sebagai dasar pembentukan pemahaman dan karakter untuk mengatasi permasalahan dimasa sekarang dan masa yang akan datang.
Pendidikan berparadigma pembangunan berkelanjutan. Saat memasuki musim hujan, warga Indonesia di sejumlah tempat, di kota-kota besar seperti Jakarta dan kota-kota lain di Jawa, Sumatra, Sulawesi serta Kalimantan, harus bersiap-siap menghadapi bencana banjir, tanah longsor, bahkan puting beliung.
Model pendikan untuk pembangunan berkelanjutan melalui kegiatan intrakurikuler. Buku ini berisi Model Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan Melalui Kegiatan Intrakurikuler yang dibuat oleh Pusat Penelitian Kebijakan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan Nasional. Untuk selengkapnya anda dapat download.
Kajian keterkaitan pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan. Kajian keterkaitan Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan (Education for Sustainable Development) dengan Pendidikan Teknologi Dasar (Basic Technology Education)
What is education for sustainable development (esd)? Pembangunan Berkelanjutan (ESD) adalah sebuah proses belajar (atau pendekatan pengajaran) berdasarkan cita-cita dan prinsip-prinsip yang mendasari keberlanjutan untuk mendorong orang dalam mengembangkan sikap, keterampilan, dan pengetahuan sehingga dapat membuat keputusan dan untuk bertindak berdasarkan keputusan tersebut. Untuk lebih lengkapnya silahkan download.

ESD melalui konservasi mangrove. Paper dan presentasi ini disampaikan pada acara "Asia-Pacific Forum on Educational Cooperation: Synergies and Linkages of EFA, ESD and ASPnet for Sustainable Asia and the Pacific" yang diselenggarakan di Tokyo, 19-21 February 2011. BINTARI menjadi perwakilan NGO Indonesia yang mempromosikan upaya partisipasi masyarakat dalam konservasi mangrove sebagai upaya adaptasi terhadap dampak Perubahan Iklim di Kota Semarang.
Asia good ESD practice project. Buku panduan ini disusun sebagai bagian dari “Asia Good ESD Practice Project (AGEPP),” yang menerima dana dari Program Toyota Environmental Activities, untuk memperkenalkan kegiatan-kegiatan di seluruh Asia melalui sudut pandang ESD. ESD-J telah mengumpulkan 12 kasus ESD di Cina, India, Indonesia, Jepang, Filipina, dan Republik Korea dari 6 perspektif yang berbeda: “Anak-anak”, Air dan Manusia”, "Kota dan Desa”, “Etnis Minoritas”, “Pertanian”, dan “Perekonomian Mandiri”.
Strategi nasional pelaksanaan ESD. ESD merupakan sebuah konsep pendidikan yang meliputi pendekatan dan analisis terhadap pelaksanaan pembangunan yang memiliki perspektif ekonomi, sosial-budaya, dan lingkungan. Dengan demikian ESD merupakan proses pendidikan tentang pembangunan yang didasarkan pada suatu konsep lintas sektor dan lintas disiplin ilmu.
Apa itu ESD? (bagian 2). ESD adalah sebuah proses belajar (atau pendekatan pengajaran) berdasarkan cita-cita dan prinsip-prinsip yang mendasari keberlanjutan untuk mendorong orang, dalam mengembangkan sikap, keterampilan, dan pengetahuan sehingga dapat membuat keputusan dan untuk bertindak berdasarkan keputusan tersebut.
Apa itu ESD (education sustainable for development)? (bagian 1). ESD (Education Sustainable for Development) adalah istilah yang dapat menggambarkan praktek mengajar untuk keberlanjutan. ESD adalah yang paling digunakan istilah tingkat dan internasional oleh PBB. Pendidikan formal yang biasa dilakukan di sekolah biasa saja tidak cukup. Maka dari itu diselenggarakannya ESD ini diharapkan dapat membawa para siswa untuk menciptakan masa depan yang berkelanjutan di kemudian hari.
Mengenal lebih dekat dasawarsa (2005-2015) education sustainable development (ESD). Education for Sustainable Development (EfSD) pertama kali dicetuskan oleh Hans J. A. Van Ginkel, mantan rektor United Nations (UN) University dan Staf Ahli Sekjen UN. EfSD istilah aslinya adalah Education Sustainable Development atau di singkat ESD minus for. Mengapa di Indonesia ditambah dengan for?