Studi & Publikasi

sekolahalamdigital.org

Kewirausahaan


Kami siap melayani anda dalam jasa foto, video, desain grafis dan percetakan serta pembuatan buku. Hubungi kami di Telp/sms/WA:

0812-8523-6156

0813-1072-2645

Follow Us


Pengunjung

 free web counter Counter Powered by RedCounter

Jurnalistik

Menulis isu lingkungan di koran. Mengangkat isu lingkungan ke Koran adalah cara yang strategis dan membantu mempercepat perubahan lebih baik yang bisa kita lakukan, namun ada 8 cara yang harus dilakukan, yaitu: ...
Unsur 5H + 1W untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi. Banyak siswa mengeluh saat pembelajaran puisi dimulai. Berbagai macam alasan dikemukakan siswa mengenai sulitnya membuat puisi. Disinilah kreativitas guru dituntut. Lalu apa hubungannya dengan unsur 5W+1H?
Dasar-dasar Jurnalistik: 7 nilai berita. Dasar-dasar jurnalistik adalah pengetahuan dan keterampilan dasar jurnalistik yang wajib dimiliki wartawan atau praktisi jurnalistik lainnya. Salah satu hal mendasar dalam jurnalistik adalah nilai berita (news values) yang juga dikenal dengan istilah "nilai-nilai jurnalistik".
Jurnalisme lingkungan. Jurnalisme lingkungan dapat didefinisikan sebagai proses kerja jurnalisme melalui pengumpulan, verifikasi, distribusi dan penyampaian informasi terbaru berkaitan dengan berbagai peristiwa, kecenderungan, dan permasalahan masyarakat, yang berhubungan dengan dunia non-manusia di mana manusia berinteraksi didalamnya.
Pengertian feature. Feature (baca: ficer) adalah karya jurnalistik perpaduan berita dan opini, mengandung human interest, dan bergaya penulisan sastra. Dari pengertian feature tersebut, ada empat unsur dalam sebuah tulisan feature:
Teknik reportase peliputan berita. Reportase artinya pemberitaan atau pelaporan. Dari kata "report" yang artinya "melaporkan" atau "memberitakan". Teknik Reportase adalah cara atau metode peliputan berita. Mirriam Webster Dictionary mengartikan reportase (reportage) sebagai "the act or process of reporting news" (aksi atau proses pemberitaan) dan "something (as news) that is reported" (sesuatu yang dilaporkan".
Jurnalistik online. Jurnalistik Online adalah jurnalistik generasi baru seiring kemunculan media online (internet) sebagai salah satu media baru (new media). Jurnalistik Online (Online Journalism) disebut juga:
Teknik wawancara jurnalistik. Teknik wawancara jurnalistik adalah metode penggalian informasi dari narasumber untuk menemukan informasi dasar, lanjutan, ataupun melengkapi informasi yang sudah ada. Berikut ini teknik wawancara yang ditulis oleh Satrio Arismunandar. APAKAH yang dinamakan wawancara itu?
Bahasa Jurnalistik. Bahasa jurnalistik adalah bahasa yang biasa digunakan oleh wartawan dalam menulis berita. Bahasa jurnalistik memiliki karakteristik atau ciri hemat kata, lugas, sederhana, dan mudah dipahami. Ulasan: P. Hasudungan Sirait.
10 nilai berita (news values). Berita adalah laporan peristiwa. Namun, tidak semua peristiwa layak dilaporkan (diberitakan). Ada 10 nilai berita (news values) yang menjadi parameter apakah sebuah peristiwa layak diberitakan atau tidak.
Jurnalistik radio. Jurnalistik Radio (radio journalism, broadcast journalism) adalah proses produksi berita dan penyebarluasannya melalui media radio. Jurnalistik radio adalah generasi kedua setelah jurnalistik cetak (printed journalism). Jurnalistik Radio muncul setelah ditemukannya media radio. Semula, media radio digunakan sebagai media hiburan, seperti mendengarkan lagu, drama, atau sandiwara radio. Pada perkembangannya, radio juga dimanfaatkan untuk menyebarluaskan informasi sehingga memunculkan jenis jurnalistik baru: jurnalistik radio.
Pengertian blog dan jenis-jenisnya. Apa pengertian blog? Jenisnya apa saja? Apa beda blog dengan website? Apa pula yang disebut microblog dan spam blog? Blog –singkatan dari web log adalah situs berisi informasi yang dipublikasikan di World Wide Web, yakni sistem dokumen hypertext (teks yang merujuk pada teks lainnya) yang saling terkait dan bisa diakses melalui intenet. (Wikipedia)
Pedoman dasar menulis berita. Menulis berita tidak bisa semaunya, misalnya "yang penting pembaca ngerti". Ada pedoman dasar menulis berita yang harus diindahkan agar berita menjadi baik, menarik, efektif, dan sesuai dengan kaidah dan kode etik jurnalistik. Banyak wartawan terutama wartawan media online yang tampak "amatiran" dalam menulis berita dan melabrak kode etik jurnalistik. Misalnya, beritanya mengandung opini subjektif wartawan atau "terlalu kentara" memihak satu pihak (membentuk opini publik/menggiring opini pembaca) sehingga tendensius.
Mengenal jurnalisme bisnis (business journalism). Business Journalism adalah jurnalistik yang fokus pada peliputan dan pelaporan dunia bisnis, ekonomi, dan keuangan. Wartawannya disebut "jurnalis bisnis" (business journalists). Mengapa di kampus Indonesia belum ada program studi jurnalistik bisnis?
47 tips menulis berita. Tips menulis berita di bawah ini disadur dari "Hot 100' News Writing Tips" yang dikompilasi by Sheryl Swingley dari Ball State University, Indiana, Amerika Serikat. Tips ini sangat berguna bagi mahasiswa jurnalistik, wartawan pemula, yang sedang belajar menulis berita, juga bagi yang sudah bisa menulis berita.
Cara menulis berita - panduan untuk pemula. Tips ini sebagai "pedoman dasar dan standar" dalam menulis berita. Setelah menguasainya dengan baik, dipraktikkan terus-menrus, dijamin, kemampuan menulis Anda akan berkembang dan bisa menulis berita seperti para wartawan profesional. Sekali lagi, ini hanyalah dasar menulis berita untuk mempermudah Anda yang sedang belajar membuat berita.